Komparasi lampu taman tenaga surya merk Ray Kris dan Solar tipe HAH 99

lampu-ray-krisLampu solar

Di artikel terdahulu saya pernah membahas tentang lampu taman tenaga surya. Nah kali ini saya mau mengkomparasikan 2 merk lampu taman tenaga surya yang saya pakai, tetapi sebelumnya saya akan jelaskan seperti apa sih lampu ini? Lampu taman tenaga surya adalah lampu untuk taman (outdoor) yang sumber pencahayaannya berasal dari lampu LED yang ditenagai oleh tenaga matahari. Sistemnya yaitu pada waktu siang hari energi matahari diserap oleh panel surya yang berada di atas kap lampu, energi yang terkumpul lalu di simpan di baterai yg bisa di charge ulang (berada di dalam kap lampu), kemudian menjelang malam hari, saklar sensor cahaya mendeteksi tidak ada cahaya masuk yg lantas menghidupkan lampu ke posisi ON, dan lampu menyala memakai tenaga yang disimpan di baterai tadi, menjelang pagi hari, saklar mendeteksi cahaya masuk kemudian mematikan lampu dan panel surya kembali bertugas mengisi ulang baterai, proses ini berulang-ulang terus setiap harinya. Oleh karena itu lampu taman jenis ini harus di pasang di taman yang terbuka agar mendapatkan cahaya matahari penuh.

Di taman mungil depan rumah saya, saya memasang 2 buah lampu taman merk Ray Kris yang saya beli di ace hardware, dan sebuah lampu merk Solar tipe HAH 99 yang saya beli di toko lampu di kota saya. Saya akan mengkomparasikan kedua merk ini dalam berbagai segi pandang berdasar pendapat saya pribadi.

Segi desain

ray-kris-terpasang

Ray Kris

Lampu merk Ray Kris mempunyai desain yang berkesan modern dan mewah, berbentuk mirip stick golf yang dibalik, mika lampu berwarna putih susu, dan tiang lampu terbuat dari aluminium, terlihat kokoh walau diameter tiangnya sangat kecil (imho), kekurangannya mika bening penutup panel surya gampang kusam dan berembun bila tersiram air

Lampu Solar HAH 99

Solar HAH 99

Sedangkan merk Solar tipe HAH 99 modelnya tak jauh beda dari model lampu-lampu taman kebanyakan dengan mika lampu bening membulat dan kap lampu hitam dengan permukaan atas miring tak simetris, cukup unik juga, didalamnya terdapat mika bening berbentuk silinder yang permukaannya bergelombang untuk memencarkan cahaya. Kekurangannya adalah tinggi tiang yang terlalu pendek dan terbuat dari plastik tipis, sehingga waktu saya baru saja mau merakitnya, tiangnya retak hiks… jadi akhirnya saya ganti dengan pipa paralon yang lebih panjang seperti yang sudah saya share di artikel terdahulu

Segi lampu LED

Lampu merk Ray Kris menggunakan 2 LED yang cukup terang sih, hanya saja arah pencahayaannya ke bawah

Lampu merk Solar tipe HAH 99 hanya menggunakan 1 LED sehingga tidak terang sama sekali, kelebihannya merk ini menyediakan 3 pilihan warna lampu: putih, hijau dan merah, saya memakai yang putih

Segi keawetan baterai

Lampu merk Ray Kris terbilang sangat boros baterai, dengan kira-kira setengah hari pengisian cahaya matahari, Cuma sanggup menyala 2-3 jam saja, hal ini mungkin dikarenakan lampu ini menggunakan 2 LED

Sedangkan merk Solar sangat irit sekali, dengan waktu pengisian yang sama, lampu dapat menyala sampai esok pagi hari

Segi kepekaan saklar sensor cahaya

Hampir sama sih, kedua merk ini menyala hampir berbarengan sekitar jam 17.45an, Cuma kadang lampu merk Ray Kris bisa menyala dahulu.

Segi harga

Ray Kris dulu belinya karena ada promo diskon 50% (korban promo hehehe…) menjadi sekitar 60 ribuan rupiah (lupa tepatnya berapa) padahal mungkin harga aslinya ya segitu hehehe… permainan marketing nih

Solar tipe HAH 99 banderolnya Rp. 90.000,- ditawar kena potongan 5000, yah lumayan lah hehehe…

Oke, saya rasa sudah cukup ya komparasinya, kurang lebihnya semuanya berdasarkan pendapat dan pengalaman saya selama memakai kedua merk ini, yang pasti memakai lampu tenaga surya lebih praktis karena tinggal tancap saja ke tanah, tidak perlu repot ngatur perkabelan, dan tidak pakai listrik rumah tentunya hehehe…

Jika ada pertanyaan atau mungkin ada yang mau menambahi untuk merk lainnya, silahkan share di kolom komentar, terima kasih, semoga bermanfaat!

Pos ini dipublikasikan di Review dan komparasi, Taman dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

11 Balasan ke Komparasi lampu taman tenaga surya merk Ray Kris dan Solar tipe HAH 99

  1. ipanase berkata:

    waw keren lampunya

  2. BEJO berkata:

    manteb boz

  3. tino berkata:

    keren bos.. jadi terinspirasi nih buat di taman..
    yg model tiang itu terang pa gak bos?
    maksudnya kl radius 1 meter apakah bisa menerangi?

  4. solardaya berkata:

    Kalau mau lampu tenaga surya model yang lain bisa jalan – jalan ke web saya bos… http://www.solardaya.com

Tinggalkan Balasan

